Jejak Rempah di Teluk Jakarta 3 ( Ancol )


Situs Rumah Tuhan di Teluk Jakarta ( Ancol )

Transformasi destinasi wisata mengalami perubahan dari masa ke masa, tempat yang dahulu rawa-rawa dan menjadi rumah bagi kawanan monyet berubah menjadi kawasan rekreasi yang diperuntukkan bukan saja bagi masyarakat Jakarta, tetapi untuk masyarakat Indonesia bahkan mancanegara.
Ide “gila” yang di gulirkan oleh petinggi PT Pembangunan Jaya Ancol ini menjadi sesuatu yang dluar dari kebiasaan. Mengapa ? , dimana para kompetitor bermain ranah yang aman dengan investasi pasti dengan return yang shortherm dipertaruhkan dengan sesuatu yang masih tanda tanya besar.
Butuh political will yang kuat untuk mewujudkan sesuatu yang berbeda di zaman yang pluranis, hedonisme dan dengan arus informasi yang demikian massif.
Idenya adalah,  masjid apung di wilayah Ancol bukan sekadar fasilitas ibadah umat Islam, tapi juga menjadi destinasi wisata religi yang akan banyak diminati oleh pengunjung lokal dan internasional.  Terutama dari negara-negara di Asia Tenggara dan Timur Tengah.





Masjid itu nantinya bukan hanya dibangun dengan mewah,  tapi juga mencerminkan sejarah  perjalanan Islam di Batavia. Anggaran yang di gelontorkan lebih dari 50 milliar, nantinya akan bisa dinikmati dipenghujung tahun 2020.
Bagi penulis proyek yang disebut sebagai gambler with God ini sungguh fantastis, dan sejalan dengan sabda Rasulullah Muhammad SAW;

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا بَنَى اللَّهُ لَهُ مِثْلَهُ فِي الْجَنَّةِ  ) واه البخاري، رقم 450،  ومسلم، رقم 533، من حديث عثمان رضي الله عنه  

“Barangsiapa yang membangun masjid, maka Allah akan bangunkan baginya semisalnya di surga.” (HR. Bukhari, 450 dan Muslim, 533 dari Hadits Utsman radhiallahu’anhu)

Estetika dan semua arsitekturnya harus memiliki nilai kesejarahan sekaligus menjadi simbol kedatangan Islam di pesisir Jakarta. Desain yang nantinya akan di sayembarakan bagi para arsitek, desainer dan ahli dalam bangunan dapat memberikan manfaat pasti dimasa depan. Amin.


#THD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merajut Kenangan Indah di Dufan

"Funperience" explore Dufan di ICCS 2019

Siap Pergi Pakai Promo (SP3) - Dufan ?