Era "Mistis" menuju Era 4.0


Jejak Rempah di Teluk Jakarta 

Era "Mistis" - fase Era 1.0 

Kawasan Antjol pernah menjadi tempat wisata para meneer Belanda di abad 17. Kala itu pusat pemerintahan VOC berada di sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa dan Kota Tua Jakarta. Jaraknya tak terlalu jauh dari Ancol.   


Antjol yang dahulu juga di kenal sebagai kawasan rawa dan banyak di tinggali oleh monyet-monyet berbuntut panjang, beberapa tempat masih berupa rawa-rawa dan minim akses sehingga belum ada pemukiman yang memadai.
Banyak cerita-cerita mistis di luar nalar manusia, yang membumbuhi & menjadikan Antjol menjadi sangat terkenal, salah satunya "Si Manis Jembatan Antjol". Yang sejatinya menjadikan Antjol menjadi rumor di masyarakat dan menjadikan sebagai "negatif" campaign yang manjur dan membuat penasaran setiap orang untuk mengunjunginya.



Pada awal tahun 1960an dimulailah Proyek pembangunan di wilayah Antjol yang bernama BPPT Projek Antjol dimana Bapak Soekardjo Hardjosoewirjo dan Bapak Ir Tjipoetra sebagai ketua pelaksana proyek. Sejarah mencatat Antjol satu-satunya destinasi wisata yang sangat terkenal di kawasan utara Jakarta serta menajadi magnet wisatawan dari seluruh wilayah Indonesia. Beberapa tempat yang menjadi icon wisata Jakarta yang sangat terkenal pada masanya di dalam wilayah Antjol Taman Impian antara lain ;
1. Pantai Antjol ( awal th 60an)
2. Pasar Seni Ancol & Binaria ( th 63-65)
3. Drive-In / Theater Mobil Ancol (th 70an)
4. Gelanggang Samudera Ancol (th 70an)
5. Gelanggang Renang Ancol (th 70an)
6. Dunia Fantasi ( th 84 )
kawasan Antjol

Pintu Gerbang Hailai
Potongan Tiket Masuk Ancol
drive-in / theater mobil Antjol
Lokasi Psr seni Antjol
Gelanggang Samudera & Gelanggang Renang Ancol

Loket Dufan
Wahana Turangga



Parade Dufan

Patung Robocop

P. Maxima

P.Maxima

Kompetisi - Fase Era 2.0   

Kawasan Ancol Taman Impian destinasi wisata yang sudah populer dimasa lalu melakukan transformasi menuju era digital di era milenium ini, tepatnya di Era 2.0 sudah menjamur kompetitor yang bermain di 2 segment sumber income terbesar Ancol, yaitu Rekreasi dan Properti.
Diranah properti, sudah menjamur kawasan-kawasan hunian di jalur kepala naga atau pinggir pesisir teluk Jakarta. Demikian pula untuk binis hiburan ( rekreasi ) telah tumbuh persaingan di kawasan-kawasan Jakarta mulai dari Mall-Mall, Themepark dan hiburan sejenis.
Marketing Era 2.0
Competitor

  Kolaburasi - Era 3.0



di Revolusi industri volume tiga ditengarai oleh perkembangan semikonduktor dan proses otomatisasi industri. Dengan kata lain, dunia sedang bergerak memasuki era digitalisasi. Industri manufaktur, industri kesehatan, industri pertanian dan sebagainya.


Otomatisasi peralatan industri menggantikan peran manusia dalam prosesnya. Pada satu sisi perkembangan teknologi digital ini mempermudah pekerjaan manusia. Akan tetapi pada sisi yang lainnya ada resistensi dari para pekerja yang merasa pekerjaannya terancam tergantikan oleh peralatan yang mampu bekerja secara otomatis.


Salah satu perwujudan era 3.0 adalah perkembangan perangkat komputer yang begitu pesat hingga awal millenium kedua juga membawa perubahan signifikan dalam kehidupan manusia. Ragam aktifitas sebagian besar manusia mulai terintegrasi dalam perangkat komputer dan smartphone. Sehingga mau tidak mau mempengaruhi perubahan di segala aspek, termasuk pelayanan, yang tadinya banyak menggunakan media offline menuju ke media online.
digital




Startup - Era 4.0

Memasuki Era ini, perlu adanya penciptaan produk dan inovasi baru seperti menciptakan startup baru atau mengambil kebijakan dengan mengambil langkah kerjasama dengan berbagai core bisnis dengan startup-startup baru atau bersinergi dengan kompetitor sekalipun.

Conflict Or Cooperation

kawasan dunia kartun


"Untuk dapat berubah, kita harus sakit,  
merasa lelah menjadi sakit,
dan mejadi kelelahan"






#thd

 



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merajut Kenangan Indah di Dufan

"Funperience" explore Dufan di ICCS 2019

Mari sukseskan pemilu 2019 "coblos hati nya"